Selasa, 25 Agustus 2009

penanggulangan banjir

Cara Menanggulangi Banjir Menurut Tiga Ahli
SEDIA PASIR SEBELUM HUJAN !
Oleh Maro Alnesputra
Episode Wimar's World kali ini membahas masalah yang sedang melanda kota Jakarta: BANJIR.
Seminggu belakangan ini, Jakarta seperti lumpuh akibat banjir besar yang disebut banyak orang sebagai Banjir 5 tahunan. Lebih dari 300000 orang rumahnya kebanjiran dan kehilangan harta bendanya. Lebih dari 50000 manusia harus tidur di posko-posko penanggulangan banjir dan kekurangan makanan. Lebih dari 50 orang meninggal. Belum lagi membayangkan penyakit-penyakit yang akan melanda setelah banjir nanti.
Media melaporkan terus, dan anda ikut berkomentar. Komentar paling banyak adalah:
1. Pemerintah salah
2. Jangan salahkan orang lain, salahkan diri sendiri
Ada juga nada positif di tengah bencana dan keributan soal tanggung jawab, yaitu kita melihat bagaimana warga bangkit untuk saling membantu secara sukarela. Hal ini sempat kita bicarakan bersama Peggy Melati Sukma dan teman-teman dalam acara Talk About Nothing di Kafe Pisa. Tapi kalau bukan duduk di kafe enak, komentar orang banyak mencari siapa yang salah dan siapa yang jangan disalahkan.
Namun episode Wimar's World kali ini bukanlah untuk menyalahkan pihak-pihak tertentu, namun lebih bermaksud untuk memberikan edukasi pada masyarakat luas akan usaha-usaha penting yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali banjir besar seperti sekarang ini. Kita mencari pengertian jernih.
Pembicaraan yang seru antara WW dengan 3 narasumber yaitu Marco Kusumawijaya (Ahli Tata Ruang Kota), Budi Widiantoro (Dinas PU DKI), serta Hari Tirto (prakirawan BMG) telah menghasilkan 1 Formula yang menghasikan 1 Kesimpulan:
Usaha Masyarakat + Usaha Pemerintah = Banjir Bisa Ditanggulangi!
-
Usaha Masyarakat: Menanggulangi Banjir Melalui Kesadaran Pribadi:
WW: Mengapa di tahun 2007 ini Banjir di Jakarta bisa lebih parah dari 2002?
Marco Kusumawijaya: Pertama adalah karena lahan ruang untuk menghisap atau meresap air sudah sangat berkurang di Jakarta, dan kedua adalah karena banyak saluran air yang terganggu
WW: Bagaimana syarat untuk membuat lahan resapan ?
Marco Kusumawijaya: Dengan membuat lapisan permukaan berasal dari bahan bahan yang bisa menyerap air, seperti pasir misalnya, sedangkan bahan seperti aspal tidak bisa menyerap air sama sekali. Rumput masih bisa menyerap air, itulah sebabnya dalam kasus banjir, akan lebih beruntung kawasan yang mempunyai lapangan golf daripada kawasan yang penuh dengan mall dan shopping center.
WW: Berarti masyarakat bisa ikut serta memperbanyak lahan penyerapan? Misalnya dengan menyediakannya di rumah masing masing? Bagaimana caranya?
Marco Kusumawijaya: Sangat bisa, karena sebenarnya untuk kawasan perumahan, ada peraturan yang mengharuskan sisa lahan pribadi digunakan untuk menyerap air. Untuk kawasan perumahan komposisinya 20-40% dari sisa lahan pribadi , dan untuk kawasan perkantoran 40-60% dari sisa lahan pribadi. Sehingga jumlah lahan penyerapan di kota Jakarta jelas bisa ditingkatkan dengan cara membiarkan tanah untuk jangan ditutupi dengan bahan yang tidak dapat menyerap air, misalnya sebagai dari lahan yang tersisa bisa dicoba tutupi dengan pasir yang mudah menyerap air.
WW: Lalu apa kendalanya ?
Marco Kusumawijaya: Ya kendalanya adalah banyak masyarakat yang mungkin jijik ya kalau sisa tanahnya dilapisi pasir karena mungkin tidak suka percikan air dan takut cacing.
WW: Apa saran dari pemerintah khusnya dari Dinas PU kepada masyarakat untuk dapat ikut mencegah terjadinya banjir dan menanggulanginya ?
Budi Widiantoro: Simple saja sebenarnya, masyarakat bisa membantu dengan mempunyai kesadaran tinggi untuk tidak membuang sampah sembarangan karena sampah yang berserakan dan menimbun merupakan salah satu penyebab banjir.
WW: Bagaimana sebaiknya masyarakat berusaha dalam bersiap-siap menghadapi cuaca apapun?
Hari Tirto: Dengan menyadari bahwa cuaca kadang susah untuk diprediksi sehingga masyarakat harus selalu bersiap-siap setiap saat menghadapi banjir. Ingat, sebenarnya tidak ada yang namanya siklus 5 tahunan karena Indonesia yang beriklim tropis sangat dinamis cuacanya, jadi masyarakat harus selalu berjaga-jaga!
-
Usaha Pemerintah: MEMPRIORITASKAN Penanggulangan Banjir & Mau Medengarkan Kritikan + Informasi
WW: Lalu kenapa 2007 ini daya serapnya itu bisa berkurang?
Marco Kusumawijaya: Terlalu banyak gedung di kota ini. Sebagai contoh lapangan PERSIJA yang tadinya sudah dibongkar. Ini sudah sangat bagus, namun sayang kemudian dijadikan gedung bertingkat. Bekas Gelanggang Remaja di Pluit malah dibangun mall dan gedung-gedung tinggi. Bahkan Kelapa Gading pun tadinya berasalah dari daerah untuk empang .
WW: Lalu sebaiknya bagaimana? Apakah dengan jumlah gedung yang sudah sangat banyak dikota ini masih bisa diusahakan membuat lahan serapan atau harus dibongkar semuanya?
Marco Kusumawijaya: Apa yang masih tersisa sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya.
WW: Apa usaha pemerintah untuk menanggulangi banjir saat ini?
Budi Widiantoro: Kita saat ini akan memprioritaskan pembangunan Kanal Timur karena diharapakan ini bisa sangat membantu untuk menanggulangi terjadinya banjir di kawasan Jakarta Timur, sementara itu kami juga sedang mengusahakan untuk memperbaiki keadaan di kawasan Jakarta Barat.
WW: Apakah pembangunan Kanal Timur ini diprioritaskan? Atau mungkin proyek yang komersil seperti Busway akan lebih diprioritaskan
Budi Widiantoro: Jelas diprioritaskan karena rencana awalnya sudah dari tahun 1973 . Dari tahun 2002-2006 dikebut pembuatannya, dan keadaan fisik sudah mencapai 60% lebih. Mudah-mudahan 2012 sudah bisa berjalan.
WW: Bagaimana dengan pengerukan kali?
Budi Widiantoro: Pengerukan Kali juga selalu kami coba untuk optimalkan, namun saat ini masih sering terhalang kendala oleh banyaknya rumah-rumah penduduk di dekatnya.
WW: Apa pendapat anda tentang banyaknya kritik dan masukan kepada pemerintah sehubungan dengan terjadinya banjir ini?
Budi Widiantoro: Menurut saya sangat bagus, dan dapat menjadi masukan bagi pihak pemerintah untuk selalu intropeksi dan memperbaiki keadaan.
WW: Apakah BMG sudah tahu bahwa akan terjadi banjir besar? Apa advice yang diberikan BMG kepada Gubernur Jakarta?
Hari Tirto: Sebelumnya kami sudah memperkirakannya, mengingat bahwa musim hujan yang biasanya terjadi April – September mundur sampai bulan Desember. Hal yang ditakutkan adalah bahwa pada bulan Januari-Februari tahun ini akan menjadi pelampiasan keterlambatan datangnya musim hujan tersebut. Perlu diingat bahwa kami sudah memberikan warning kepada pemerintah pada tanggal 28-31 kemarin bahwa ada kemungkinan terjadi hujan lebat seperti sekarang ini . Pihak Pemerintah selalu diberi tahu!
-
TIPS
Episode Wimar's World kali ini juga menghasilkan tips-tips berguna bagi masyarakat untuk menghadapi banjir, memperkirakan cuaca, dan mencegah Jakarta kebanjiran besar lagi di kemudian hari.
Tips Menghadapi Banjir versi Marco Wijayakusuma:
1. Siapkan keadaan terburuk, always prepares for the worst!
2. Selalu siap persediaan makanan cadangan di rumah
3. Andai memungkinkan, bangunlah rumah yang terdiri dari 2 lantai
4. Pindahlah dari daerah pemukiman yang memang rawan banjir
5. Siapkan selalu alat transportasi seperti perahu karet
6. Maksimalkan peringatan banjir melalui RT-RT
Tips Memprediksi Cuaca via Pembelajaran Alam versi Hari Tirto:
1. Apabila ada Laron beterbangan, maka pasti habis terjadi hujan besar
2. Apabila ada Pelangi muncul di bagian barat berarti sedang masa transisi
3. Ketika ayam peliharaan kita makannya lama, maka hujan akan berlangsung lama
Tips Mencegah Jakarta Kebanjiran Di Masa Depan versi WW:
PILIH CALON GUBERNUR JAKARTA YANG PEDULI PADA MASALAH BANJIR DAN MAU KONSISTEN MENGATASINYA!
-
Mudah-mudahan dengan formula dan tips-tips di atas, masyarakat dan pemerintah Indonesia bisa bersatu untuk memastikan bahwa banjir besar seperti sekarang ini dapat dicegah di kemudian hari.
Sedia payung sebelum hujan ? JADUL tuh !
Hari gini mah, sedia pasir sebelum hujan atuh !
-
SMS dari Penonton
* Dulu pernah ada rencana pemerintah th.1981 akan membangun waduk depok,bahkan DIP dari BAPENAS sud ah turun sudah di bentuk panitia@ aparat tekait pusat maupun daerah,waduk terse but untuk pembangkit tenaga listrik,pengendali banjir,rekreasi irigasi dsb.Jadi jikalau terlasana sungai ciliwung tidak meluap banjir seperti sekarang.....Dari : Rollis jagakarsa. Jaksel.
* tata kota: sehebatnya teori tata kota, ongkos sogok pemda merupakan bagian yang selalu ada dan sangat kecil dalam setiap budget pembangunan gedung2 kan? PU: mungkin karena proyek perairan (kanal, pintu air, etc) tidak se-"basah" (pun intended), proyek transportasi (tol, busway, monorail) ya? cuaca: apakah logis bahwa mestinya yang paling tahu akan terjadi banjir -if anyone- adalah BMG? apakah ada garis warning dari BMG ke pemda?
* Banjir adalah kesalahan manusia. Jangan menyalahkan alam. Tuhan menciptakan keseimbangan manusia yg merusaknya.!!
* Yth. Bung Wimar. Mana yg benar? Listrik nyala pln rugi, listrik padam krn banjir. Pln jg rugi. Hemat bbm anjurannya spy pemerintah bisa mengurangi subsidi tp di era banjir ini, katanya jg pertamina/spbu rugi. Ampun pak sy ga ngerti.
* Klo d jakarta tdk ada ruang serapan air ya wajar klo banjir jd penyakit kambuhan.
* Amat disayangkan sikap menkokesra yg mengatakan pers membesar2kan berita ttg banjir. Ktnya, "buktinya korban masih ketawa". Harus dipertanyakan komitmen seorg menteri yg mengaku mengurus kesejahteraan rakyat. Geni
* Banjir Air Jkt DitangguLangi Dg Cara" Buat Waduk di Cikeas Bgr. tQ dr Peri
* Bung W/Jaktv, posisi duduk host & tamu kok tdk nyaman betul untuk ditonton. Spt rombgn pasien di dpn dokter atau romb bawahan sdg diinterview bos besar. Kasian jg tamu2 cantik / ganteng cuma keliatn 1 sisi wjh spanjang acara. (hesti)
* Satu2nya cara utk mencegah bencana banjir adalah meng-GRATIS-kan pendikan s/d pendikan tinggi utk bisa menata & sadar akan lingkungan pemukiman
* Apa kaitanya dng global warming lalu solusi cepat kalo bisa melibatkan smua orang
* Kenapa ga semua developer/ real estate dwajibkan menyediakan daerah resapan/ sumur resapan di setiap unit rumah?
* Banjir merugikan 4 Triliun lbh,ini lebih besar drpd biaya kanal timur mengapa pemerintah tidak mengerti=>gunakan dr subsidi minyak krn harga minyak turun Martin
* Judi Trisyanto, cengkareng timur. Setiap bulan permukaan tanah turun satu sentimeter setahun 12cm lima tahunan 60cm
* Ass wr wb,mas Wimar,ayo teruskan pembangunan mal2,reklamasi pantai terusin,tq.wassalam rini soeyoko,buaran indah 3
* YG MURAH SAJA DU LU-LIHAT G0T DI DEPAN RMH,MAU PE DULI TIDANG MEM BERSIHKAN SNDIRI. JANGAN INI SLALU URUSAN PEMDA dan PEMBUATAN INRIT SEENAKNYA(TJE TJEP CPUTAT)
* Selamat malam,Pak wimar. Saya Usul, agar pembicaraan ini lebih ke arah program kerja yg kemungkinan besar atau pasti akan dilakukan (itu apa saja), guna antisipasi banjir berikutnya. Terima kasih. Dari listens di Tangerang
* Sutyoso lebih senang bangun mall,real estate, bus way karna byk dpt uang dr pd ngurus drainase,yah biasa ngejar setoran d akhr jabatan
* Satu2nya cara utk mencegah bencana banjir di republik ini adalah dg meng-GRATIS-kan pendikan bagi slrh masyarakat s/d pendikan tinggi utk bisa menata & menghargai lingkungan hidup & pemukiman
* Utk mengurangi banjir: 1.Kanal DKI hrs diteruskan, bikin kanal Tangerang + kanal Bekasi, sambung ke sungai2 besar. 2.Buat drainase secara keseluruhan&terpadu. 3.Sediakan pompa secukupnya. 4.Penanaman hutan kota. 5.Masyarakat tdk buang sampah sembarangan &hrs memelihara saluran. Dari Bpk Muhammad.
* Seharusnya pemerintah pusat turun tangan baik secara dana & teknis. Karena Jakarta milik Indonesia,bukan hanya milik orang Jakarta saja.
* Bang Wimar .jangan lupa pendangkalan kali adalah salah satu penyebab banjir
* Pd hujan bsar yg focus adlah gaya horizontal serta hambatannya utk smp ke laut....tlg dbahas
* siapa yg hrs bertanggung jwb ya kalo 5 thn lg ternyata banjir di jkt tetap ada atau bahkan makin parah? trims. susan
* Skrg sbnrnya mslhnya PRIORITAS mana yg mau duluan d krjakan bangun mall2,bus way, kanal timur,monorel,sub way?klau teori sdah byk lah kt sdah bosan,.tgl skrg pemkot mau bertindak/hanya sekedar berwacana?
* Knp bantuan dr pemerintah sll terkesan terlambat? kalo penyebabnya birokrasi, knp gak dikecualikan utk keadaan bencana? penasaran aja. angel-cibubur
* Yg perlu di cek juga adalah kapasitas pengelola kota. Apakah latar belakang pendidikannya sudah sesuai dan pengalamannya cukup matang? Atau cuma birokrat yg ahli dlm administrasi ??
* BANJIR AIR PAM SUDAH 4 HR WARGA SUDAH BANJAK JG DIARE.RMH TDK BISA BERSIH .PEMERINTAH TLG PERHATIKAN.SAYA WARGA OTISTA
* Pejabat2 itu kalau sudah bisa atur uang negara baru bisa atur banjir, tanah, hutan, sampah dst yg menjadi masalah selama ini. Olof
* BPK WIMAR ACARA NYA OK AGAR SEHAT SELALU SHALOM ANTON
* Hindari alih fungsi setu, rawa, lhn basah menjadi lahan tertutup bangunan. Turmudi
* Perlu dibuat secara menyeluruh di Jabotabek saluran macro under ground / gorong2 yg besar & bebas hambatan shg air cpt terbuang ke laut (spt di negara2 maju). Krn saluran terbuka & peresapan tdk bisa terlalu diandalkan mengingat budaya masyrk yg krg bisa menjaganya. *galih permata mrs, bekasi
* Dulu pernah ada rencana pe merintah th.1981 akan membangun waduk depok,bahkan DIP dari BAPENAS sud ah turun sudah di bentuk panitia@ aparat tekait pusat maupun daerah,waduk terse but untuk pembangkit tenaga listrik,pengendali banjir,rekreasi irigasi dsb.Jadi jikalau terlasana sungai ciliwung tidak meluap banjir seperti sekarang.....Dari : Rollis jagakarsa. Jaksel.
* Om,per?annya pemerth punya lahan nga untk ngebangun?ntar bebasin tnh,org2 trsbt lariny y ke bogor sama juga bo'ong. Yg hrs dilakukan adlh pembuatan terowongan untuk pembuangan air, sprt jalur busway dibawahny da trowongan air kan bisa,dibuang ke waduk yaitu tnh pemerintah yg nga terpakai,itu aj dulu yg dilakukn nga ush ngbangun rusun atw gedung. Nga smp trilyunan, bener ga?Makany jangan asal ngebangun.
* Saya mau tanya ke bapak BMG, kalau periode banjir 25, 50, & 100 tahunan kapan kira-kira terjadinya?
* Pa WIMAR. tol tanyakan bagaimana dgn bkb. bukan yg timur saja. yg brt aja banjir terus
* Untung ktp saya bkn dki,kalo iya saya mencalonkn diri jd gubernur.
* bang wimar,s ciliwung sdh dankal krn lumpur krn pengikisan dan sdh keras, cth s ciliwung di kp melayu klo msm kering dpt dijadikan tmpt main sepak bola
* BPK WIMAR ACARA NYA OK AGAR SEHAT SELALU SHALOM ANTON
* Bentuklah menteri mega politan kalau jakarta aman. U, ekosistem.transportasi.sampah dll
* Pak Wimar seharusnya pegawai Pemprov itu bekerja berdasarkan target yg tdk berhasil pecat. Itu akan membuat kinerjanya bagus.
* Tips buat pelanggan banjir: jgn beli furniture mahal, bahan dr plastik lbh bgs. siap bbrp pelampung krn perahu karet mahal. siap tali jg.
* Bang Wimar tlg masalah kantong plastik dijadikan topik .yuvensius
Print article only
Pembaca Perspektif Online
You!
Join My Community

Tidak ada komentar:

Posting Komentar